Monday, October 28, 2013

TOURING atau Jalan - Jalan








Touring (selanjutnya disebut 'turing') adalah satu bentuk kegiatan klub atau komunitas  melakukan perjalanan dengan mengendarai sepeda motor ke tempat tujuan tertentu untuk menyalurkan kegemaran berkendara sepeda motor para anggotanya dan menikmati keindahan alam di suatu tempat.

Bagi rekan2 bikers tentu sudah tidak asing mendengar dengan istilah kata turing. Faktor2 yang perlu diperhatikan adalah :




1. Kendaraan

    Sebelum berangkat pastikan kendaraan sudah dicek dengan baik, dari mulai sektor mesin, kelistrikan, toolkit. Kenalilah dengan baik seluk beluk kendaraan rekan2 agar mengetahui kekurangan pada kendaraan rekan2 sekalian.




2. Kesiapan Jasmani dan Rohani
    Fisik haruslah disiapkan untuk perjalanan menggunakan kendaraan roda dua, cukup istirahat dan makan2an yang berprotein tinggi bisa menjadi salah satu tips dalam turing. Menggunakan jaket, celana panjang, dan sepatu untuk perjalanan jauh, Apabila fisik dan mental sedang tidak dalam kondisi yang sehat sebaiknya batalkan perjalanan, toh juga masih ada kesempatan di lain waktu. Kesiapan mental yang dimaksud adalah rekan2 bikers sudah tidak ada atau dapat mengesampingkan pikiran2 yang dapat mengganggu konsentrasi dalam berkendara contohnya : masalah keluarga, masalah dengan pasangan, pekerjaan, dan lain2.





3. Routing
    Membuat rute perjalanan dan estimasi waktu saat berangkat menuju kota tujuan dan saat pulang ke kota asal, routing mencakup chekpoint untuk istirahat, pengisian bahan bakar, makan, dan lain2. Routing yang baik dan benar melibatkan seluruh anggota yang akan ikut dalam touring, sehingga sudah ada perencanaan perjalanan yang cukup matang. Routing haruslah berdasar pada kendaraan dan fisik masing2 anggota dan diambil nilai tempuh rata2. Mendapatkan informasi jalan dan situasi tempat tujuan dari rekan2 bikers lainnya, berita online, dll.




4. Keuangan
    Faktor yang paling menentukan dari turing adalah keuangan, Turing itu untuk mencari kesenangan dan suatu pengalaman. Budget pengeluaran haruslah disusun secara cermat dan teliti yang mencakup biaya bahan bakar, penginapan, makan, tempat tujuan wisata serta tiket masuk, oleh-oleh, dan biaya tidak terduga (cadangan). Budget Pengeluaran sangat erat kaitannya dengan routing. Manage keuangan rekan2 agar perjalanan turing lebih berkesan. Apabila dana dirasakan belum memadai untuk melakukan turing lebih baik menabung dahulu hingga dana cukup baru laksanakan turing.


4 aspek di atas apabila diperhatikan dan dipraktekkan secara benar, maka rekan2 sekalian sudah termasuk dalam kategori bikers yang mandiri.

Tingkat ekonomi seseorang di dalam dunia bikers pun berbeda-beda, Maka dari itu janganlah kita terlalu mengharapkan faktor pengondisian dari bikers-bikers lain. lebih baik kita merencanakan segala sesuatunya dengan matang dan terorganisir dengan baik agar pengalaman perjalanan menjadi indah dan berkesan. 


Pemahaman seperti ini sebaiknya dapat ditanamkan oleh pengurus suatu organisasi kepada para anggotanya agar para anggota terbiasa untuk bersikap disiplin dan bertanggung jawab.


Beberapa kumpulan foto jalan-jalan KOSCO : 






















Dan masih banyak lagi.......... 








ROLLING THUNDER IBARAT ALIRAN DARAH BAGI SEMUA BIKERS 
NAMUN TURING ADALAH JANTUNG DARI SEMUA AKTIVITAS BIKERS
 by Wiyarto "SHAKTI" Mulyono









No comments:

Post a Comment